Sabtu, 07 Desember 2013

Membangun Bisnis Di Bidang Mechanical / Produk Design Oleh M Tibiyani | Seminar Pesta Wirausaha 2013

0

TVRUSAKNEWS - Dunia design dapat dikembangi dari element faktor. Mulailah dari fashion. Mulailah dari yang kita suka. Pilih dari industrial coverage mana yang anda sukai dan anda minati. Industrial coverage ini terdiri dari : consumer, consumer packged good, high- tech, energy, construction, etc, itulah paparan dari Bapak Tibiyani.

Dari banyak itu kita coba kembangkan ke satu titik dan anda akan sukses. Kita tidak bisa tetap dengan design yang menurut kita sudah sempurna, kita harus mencoba buat design baru lagi agar kita kembang ke depan. Kita harus punya mimpi contoh saya harus punya motor habis itu tahun ini motor saya harus irit tahun depan motor saya harus bisa terbang. Intinya kita harus fokus di satu produk. 

Yang paling pertama untuk melakukan design yaitu :
1. Meniru. 
Jangan pernah menghina cina. Cina sukses dengan tiruannya ( Imitate ). Jangan meniru tapi harganya jauh lebih mahal dan kualitasnya di bawah yang di tiru.
2. Inovasi. 
Setelah mampu bisa meniru selanjutnya kita harus mampu menambah yang kita tiru atau kita menginovasikan agar itu menjadi lebih baik. Ibarat karoke atau nyanyi. Kita meniru menyanyi tapi dengan gaya kuta sendiri.
3. Invent. 
Menemukan hal baru. Tanpa kita tau siklus ini kita tidak akan ketinggalan. Dalam 3 detik kita bisa tau belahan dunia lain dengan cara klik saja. Inilah 3 hal yang penting dalam design.

Selanjutnya product design terminology terbagi 5, kata Bapak Tibiyani :
1. Simulate 
Simulasi sebelum melakukan pembuatan kerangka kita harus membuat simulasi. Kenapa ? Untuk menganalisa berapa biaya di butuhkan untuk mengerjakan ini ?, Berapa lama umur produknya ?.
2. Design
Setelah kita mendesign dan produknya jangan terburu buru langsung membuatnya. Selesaikan dulu di laptop anda dan berjualanlah melalui laptop anda dulu.
3. Sustainability. 
Sebuah software untuk mengukur kadar dalam produk yang kita buat.
4. Cominicate.
5. Manage.

Kemudian kita masuk ke Industrial Base Practice, dalam Industrial Base Practice ada beberapa hal yang harus kita lakukan, yaitu :
1. Ide. 
Hal yang pertama yang harus kita lakukan . ide dalam produk design kita harus menggambar. Kenapa harus 3d dalam produk design ? Supaya orang awam bisa mengerti maksudnya. Dengan 3d orang mudah mencerna maksudnya.
2. 3 CAD
Kiat harus menguji apakah sesuai dengan ide kita ??
3. CAE.
4. CAM.
5. MFG.

Pak Tibiyani juga memaparkan tidak ada alasan untuk tidak memulai bisnis produk design, dan faktor yang penting dalam memulai bisnis diantaranya :
1. Sales/marketing
2. Finance
3. Production Engeneering

Ada 3 syarat untuk orang yang ingin berbisnis :
1. Smart. 
Orang smart bisa mendeskripsikan apa yang ingin di bisniskan.
2. Hunger
Tidak pernah puas. Jangan pernah puas dengan apa kita buat walaupun itu sudah bagus. Buat lagi buat lagi dan buat lagi yang lebih bagus.
3. No hard feeling
Jangan gampang tersinggung.
Author Image

About Tv Rusak News
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar