Jumat, 10 Januari 2014

Artikel Reboisasi, Langkah Menuju Sejuta Pohon untuk Dunia oleh Madani | TV Rusak Event In January

2

Artikel ini ditulis oleh Madani dalam rangka TV RUSAK EVENT "Sejuta Pohon Untuk Dunia". Anda juga bisa mengirimkan cerita baik itu artikel, cerpen, atau puisi ke tvrusaknews@tvrusak.com. Keterangan lebih lanjut, klik link INI.




Reboisasi,
Langkah Menuju Sejuta Pohon untuk Dunia
Halo semuaa! Bertemu lagi dengan saya, Madani si unyu bin unyu (?). Haha, lupakan. Bagimana dengan kabar kalian, guys? Apa baik-baik saja? Aku harap baik-baik saja, ya. Nah, sekarang aku mau share tentang reboisasi. Kenapa harus reboisasi? Karena, sekarang bumi sudah diancam oleh alam akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Mereka membuat hutan menjadi gundul dan membuat habitat binatang menjadi musnah dan hilang. Nah, dengan artikel ini, aku akan mengajak kalian untuk melakukan dan mengetahui apa itu reboisasi, kegunaannya, caranya, dan mengapa harus dilakukan. O iya, teman-teman udah pada tahu reboisasi kan? Mau tahu apa itu reboisasi? Okay, Let me explain about it! Cekidott.. 
Reboisasi adalah sebuah kegiatan penanaman hutan kembali yang telah ditebang. Reboisasi berguna untuk meningkatkan penyerapan polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat para binatang, membangun kembali ekosistem alam, mencegah pemanasan global, banjir, longsor, mencegah hutan agar tidak gundul dan masih banyak lagi. 
Reboisasi sangat harus dilakukan oleh kita. Kenapa? Pertama, karena, itu akan menyebabkan efek negatif yang sangat besar untuk bumi kita. Misalnya, seperti yang diatas tadi, banjir, tanah longsor, hutan gundul, dan yang paling parah pemanasan global. Bayangkan saja jika bumi kita mengalami itu semua. Bagaimana dengan nasib makhluk hidup? Bisa-bisa seperti beruang kutub yang ada dalam gambar ini. Jangan sampai, ya!
Kedua, dengan reboisasi, kita bisa melestarikan sumber daya alam yang sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Jika kita tidak melestarikan hal itu, bagaimana bisa kita makan? Bagaimana bisa kita minum? Bagaimana bisa kita membuat rumah dan keperluan lainnya? Tidak mungkin kita menggunakan sihir untuk melakukan itu. Dan jika tidak dilestarikan, semuanya akan habis. Kalau semuanya habis, kita mau makan apa?? Bisa jadi manusia galau sepanjang sejarah manusia. Dan juga, kita bisa menjaga keindahan yang luar biasa dari pohon-pohon yang ada di dunia. Benar bukan?
Ketiga, jika kita tidak melakukan kegiatan ini, kasus pencemaran lingkungan tidak akan pernah berkurang. Mungkin malah bertambah karena tidak ada yang menghisap karbon dioksida yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor. Seperti gambar dibawah ini. Bagaimana bisa kita menghirup udara segar sedangkan polusi di bumi sebanyak ini? Seandainya tidak ada pohon, kita akan selalu menghirup polusi ini lebih banyak dibandingkan oksigen. Itu pasti akan menimbulkan penyakit pada pernafasan, bahkan kematian. Sangat bahaya, bukan?
Nah, sudah tahukan mengapa kita harus melakukan reboisasi? Pada intinya, reboisasi harus dilakukan agar semua umat manusia tidak punah dan ekosistem alam dunia tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu, kita semua bisa mengurangi beban yang ditanggung bumi dan makhluk hidup yang ada didalamnya.
Nah, karena sudah tahu alasannya, sekarang lanjut ke bagian cara melakukan reboisasi. Mau tahu? Wani piroo?? Haha.. becanda kok. And here’s the step to do reforestation! Let’s read it!
Sebenarnya, reboisasi memerlukan banyak hal yang perlu dilakukan  karena reboisasi adalah penanaman pohon secara besar-besaran. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengajukan permintaan reboisasi adalah menyusun rancangan reboisasi itu. Hal-hal yang harus dipikirkan adalah:
1.    Lokasi penanaman reboisasi
2.    Luas area penanama (Ha)
3.    Rencana kegiatan dan biaya
4.    Peta lokasi
5.    Peta Rancangan
Sebelum melakukan penanaman masih ada hal-hal lain yang perlu dipersiapkan. Hal-hal tersebut dibagi dalam kategori yang seperti dibawah ini:
1.    Persiapan Lapangan.
2.    Menyiapkan dokumen rancangan pembuatan tanaman untuk lokasi penanaman blok/area/lokasi reboisasi
3.    Menyiapkan organisasi pelaksana seperti: Pemimpin pelaksana, pengawah/mandor dan tenaga kerja.
4.    Meyiapkan areal reboisasi dari konflik. Mencegah terjadinya konflik antar penduduk dan pekerja di area tersebut agar proyek reboisasi dapat berjalan dengan lancar.
5.    Menyiapkan bahan-bahan seperti: gubuk kerja, papan nama dll. Dan alat pengukuran seperti: kompas, GPS.
6.    Pengukuran ulang batas-batas lokasi
7.    Menentukan letak tanaman sesuai dengan rancangan. Lokasi dapat ditandai dengan tancapan kayu.
8.    Menyiapkan bibit pada tempat penampungan sementara.
9.    Pembuatan tanaman
Setelah semua sudah selesai, saatnya mempersiapkan bibit-bibit pohon dan bahan lainnya. Seperti:
1.    Menyiapakan dokumen rancangan dan peta rancangan
2.    Menyiapkan bahan dan tenaga kerja
3.    Membuka dan membersihkan lahan dan membuat lubang sesuai dengan ajir. Mempersiapkan pupuk dasar.
4.    Mendistribusikan bibit dari tempat pengumpulan bibit sementara ke petak taman.
Oke. Setelah semua sudah selesai, masih ada hal lain yang perlu diperhatikan juga sebelum menanamkan bibit ke tanah. Yaitu:
ü Bibit dapat mudah dilepas dari polybag
ü Kondisi lubang tanaman telah digali dan dalam keadaan yang baik, tidak tergenang air.
ü Kondisi bibit dalam keadaan sehat dan memnuhi kriteria/standar yang telah ditetapkan untuk ditanam
ü Penanaman harus disesuaikan dengan musim tanam yang tepat
ü Polybag dilepas dari media tanaman dengan hati-hati sehingga tidak merusak system perakaran tanaman
ü Bibit dan media diletakkan pada lubang tanaman dengan tegak lurus
ü Lubang tanaman ditimbun dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk dasar sampai lebih tinggi dari permukaan tanah.


Oke. Itulah persyaratan untuk melakukan reboisasi. Memang lumayan rumit. Tetapi, hasilnya akan sepadan. Dengan begitu, bumi akan dingin dan tidak terancam dari bencana alam. O iya. Untuk lebih bagus lagi, reboisasi dianjurkan untuk dilakukan saat musim hujan dari bulan Desember – Februari.
Nah, itulah sekilas pengertian reboisasi, alasan mengapa reboisasi harus dilakukan, kegunaan reboisasi, dan tata cara melakukan reboisasi. Dan kesimpulannya, reboisasi adalah kegiatan menanam kembali pohon. Kegunaan reboisasi sangat banyak. Diantaranya, mencegah pemanasan global, mencegah bencana alam, dapat melestarikan keanekaragaman hayati, dan lain-lain. Intinya, reboisasi adalah salah satu cara untuk dapat mewujudkan bumi yang segar dan dipenuhi oleh pohon-pohon yang begitu indah.
Okay, guys! Aku pikir itu sudah cukup memberikan pengetahuan tentang reboisasi untuk kalian. Semoga ini dapat bermanfaat dengan baik. SO, IT’S TIME TO HELP AND KEEP OUR PLANET. GO GREEN RIGHT NOW. Wujudkan SEJUTA POHON UNTUK DUNIA dengan REBOISASI!!!! See you later, guyssss!!!!!! Sampai jumpa dilain waktu, salam hangat, Madani.
Sumber:
1.      www.google.com
2.      www.wikipedia.com




BIODATA PENULIS
Nama                 : Madani
Hobby                : Membaca, Bermain rubik, Membuka internet, bersepeda, dan bernyanyi
E-mail                : madani_semtu@yahoo.com
Harapan            : Semoga dihari Sejuta Pohon untuk Dunia, semua manusia di dunia dapat menyadari bahwa pohon sangat penting untuk kehidupan seluruh makhluk; Semoga kebakaran hutan tidak akan terjadi lagi; Semoga pohon di dunia semakin bertambah; Dan semoga penebangan illegal/liar dapat hilang dari bumi ini.
Author Image

About Tv Rusak News
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

2 komentar: