Rabu, 08 Januari 2014

Cerpen Pohon Abadi oleh Mella Mirza | TV Rusak Event In January

0

Cerpen ini ditulis oleh Mella Mirza dalam rangka TV RUSAK EVENT "Sejuta Pohon Untuk Dunia". Anda juga bisa mengirimkan cerita baik itu artikel, cerpen, atau puisi ke tvrusaknews@tvrusak.com. Keterangan lebih lanjut, klik link INI.





Pohon ABADI



Menjadi pengusaha mebel sukses merupakan impian Pak Agung ketika ia berusia 17 tahun. Berkat kegigihan dan bakat yang diturunkan oleh ayahnya, ia berhasil mencapai impiannya menjadi pengusaha mebel sukses didesanya. Dulu, Ayah Agung memang memilki usaha mebel kecil- kecilan namun usaha yang dijalanakannya tidak berkembang, hanya cukup untuk biaya sekolah dan kebutuhan sehari- hari. Diusia 30 tahun, Agung menikahi seorang guru ngaji bernama Eliana. Setahun menikah mereka dianugrahi seorang putri. Mereka memberi nama Adelia. Adelia merupakan gabungan dari nama Agung dan Eliana.

Keluarga Pak Agung hidup bahagia dengan usaha mebelnya yang semakin berkembang. Adelia tumbuh menjadi sosok seorang gadis cantik. Desa yang dihuni rasa kekeluargaan tinggi itu, kini bertambah dengan hadirnya keluarga dari desa sebelah. Keluarga ini pindah dari desa mereka karena tidak betah. Mereka tidak tahan sering dihina, karena mereka miskin. Mereka ialah keluarga Pak Joko. Keluarga Pak Joko hanyalah seorang buruh bangunan tua yang memiliki tanah hanya 1 hektar, itupun warisan dari orang tua pak Joko. Keluarga ini memiliki seorang putra bernama Absarf. Untuk memenuhi kebutuhan hidup dan biaya sekolah Absarf yang masih duduk dibangku kelas 4 sekolah dasar, kini Pak Joko bekerja di perusahaan mebel milik Pak Agung. Absarf pun pindah sekolah karena sekolah yang dulu jauh dari tempat tinggalnya sekarang. Tanpa disengaja ternyata Absarf 1 kelas dengan Adelia. 

Setiap hari Absarf dan Adelia selalu main bersama. Mereka sudah seperti saudara dekat. Suatu ketika mereka bermain- main hingga menemukan lahan kosong yang cukup luas dipenuhi oleh pohon- pohon besar serta tumbuhan liar lainnya. Setiap pulang sekolah Absarf dan Adelia selalu bermain ke lahan itu. Terlintas dipikiran Adelia ingin membangun sebuah taman dengan banyak bunga- bunga di lahan itu. Abarf pun sangat setuju dengan ide Adelia. Setiap pulang sekolah dan hari libur mereka membersihkan lahan kosong itu. Semua rumput- rumput liar mereka berantas. Setelah lahan itu bersih mereka mulai menanam bibit - bibit pohon serta bunga - bunga. Adelia sangat senang karena taman impiannya sudah jadi walaupun belum sempurna. 

Hari demi hari mereka selalu merawat tanaman yang mereka tanam. Tepat dihari ulang tahun Adelia yang ke 11 tahun. Absarf memberikan hadiah berupa bibit pohon apel. Adelia sangat senang sekali karena apel merupakan salah satu buah kesukaannnya. Mereka bersama- sama menanam bibit pohon apel di taman yang mereka ciptakan. Adelia berharap pohon apel ini bisa tumbuh besar dan subur ditaman ini. Sehingga buahnya dapat dinikmati oleh orang banyak. Adelia memberi nama pohon Apel itu dengan nama pohon ABADI singkatan dari nama Absarf dan Adelia. Tidak hanya Adelia dan Absarf yang bermain ditaman itu. Mereka mengajak teman- temannya untuk bermain dan belajar di taman itu. 

Satu tahun berlalu Absarf dan Adelia lulus dari Sekolah Dasar. Mereka berdua berniat untuk melanjutkan sekolah ditempat yang sama. Namun orang tua Adelia berniat untuk pindah kekota, untuk mengembangkan usahanya agar bisa masuk pasar Internasional. Mendengar hal itu Absarf sangat terpukul karena harus berpisah dengan sahabat sekaligus wanita pertama yang ia cintai. Keputusan orang tua Adelia sudah bulat ingin tetap pindah kekota. Adelia tidak ingin meninggalkan taman impian yang sudah dibuat bersama Absarf. Tetapi Adelia pun tak ingin tinggal sendiri di desa itu. Dengan berat hati ia harus ikut dengan orang tua nya pindah kekota.

Sebelum meninggalkan desa, Adelia berpesan kepada Absarf agar selalu merawat taman yang sudah mereka buat serta merawat dengan baik pohon apel kesayangan Adelia. Absarf pun berjanji akan merawat taman itu. 

Setibanya di kota, Adelia masuk sekolah favorite. Pak Agung mulai merintis usahanya lagi. Tahun demi tahun berlalu. Absarf dan Adelia benar- benar tidak saling behubungan. Adelia benar- benra melupakan kehidupan desa serta taman impiannya itu semenjak ia kenal dengan pria kota bernama Raka yang kini menjadi kekasihnya di usia nya 18 tahun. Adelia sangat mencintai Raka. Namun Raka hanya memanfaatkan Adelia karena Adelia orang kaya. Usaha yang dirintis oleh ayah Adelia kini memiliki banyak orderan sampe keluar negeri. Sementara itu, di desa Absarf selalu berusaha menepati janjinya untuk merawat taman serta pohon ABADI. Absarf amat sangat merindukan Adelia. Absarf selalu cerita masalahnya dibawah pohon apel . Terkadang orang melihat Absarf seperti orang gila berbicara dengan pohon. 

Semenjak orang tua Adelia pindah, orang tua Absarf mencoba membuat usaha mebel dengan modal seadanya. Ketika lulus SMA, Absarf ingin sekali melanjut keperguruan tinggi mengambil jurusan kehutanan. Namun keadaan tidak mendukung. Orang tua Absarf tidak punya uang. Mereka hanya memiliki tanah warisan di desa dulu tempat mereka tinggal. Namun tanah itu tidak terurus lagi. Beberapa orang ingin membeli tanah tersebut, namun selalu ditolak. Sesusah apapun kehidupan Pak Joko ia tidak ingin menjual tanah warisnnya itu. Absarf meminta izin untuk menanam pohon, karena kecintaan Absarf dengan tanaman, Absarf ingin sekali menanam banyak pohon di tanah warisan kakek nya itu. Permintaan Absarf dikabulkan. Ia membagi waktu antara merawat taman dan menanam pohon didesa yang dulu.

Liburan kuliah pun tiba. Pak Agung mengajak berlibur ke desa tempat tinggalnya dulu. Pak Agung tinggal bersama keluarga Pak Joko. Absarf sangat senang karena untuk sementara waktu akan bersama Adelia. Tapi, semua telah berubah, perlakuan Adelia sangat buruk. Ia selalu menghina Absarf. Absarf kecewa dengan sifat Adelia yang sekarang. Bahkan ia tak pernah menanyakan masalah taman. Liburan pun telah usai. Keluarga Pak Agung kembali kekota. Perasaan Absarf campur aduk, disatu sisi dia sangat mencintai Adelia, di sisi lain ia hanya seorang manusia yang pasti merasakan sakit jika dihina. Walaupun sudah di hina, Absarf tidak pernah menyimpan rasa dengan wanita lain. Dia tetap mencintai Adelia.

Tujuh tahun berlalu pohon yang ditanam Absarf tumbuh subur. Selain dapat membantu sebagai resapan air didesanya, kini absarf dan keluarganya dapat menggunakan pohon- pohon tersebut untuk usaha mebel kecil mereka. Sedikit demi sedikit keluarga Absarf mengembangkan usaha mereka. Tidak hanya itu taman yang dibangun bersama Adelia pun kini sudah sangat cantik. Banyak warga sekitar bermain ke taman itu. 

Sementara di kota kehidupan Adelia dan keluarga semakin terpuruk. Ketika seseorang mengajak ayah Adelia untuk berinvestasi dengan menjanjikan keuntungna 10 kali lipat. Tanpa berpikir panjang Pak Agung ikut berinvestasi. Dan ternyata Keluarga Pak Agung tertipu. Kini Pak Agung dan keluarganya sudah tidak punya apa- apa.  Raka pun meninggalkan Adelia. 

Semenjak ditinggal oleh Raka, Adelia sering jatuh sakit. Adelia amat sangat mencintai Raka. Melihat kondisi Adelia yang semakin terpuruk, Pak Agung membawa Adelia kerumah sakit ternama. Ketika dilakukan pemerikasaan ternyata Adelia mengidap penyakit kanker otak stadium akhir. Betapa terpukulnya Pak Agung dan Ibu Eliana mendengar putri kesayangannya mengidap penyakit kanker. Adelia sangat terpukul karena disaat keluarganya jatuh miskin ia mengidap penyakit kanker serta kekasih yang amat sangat ia cintai pergi meninggalkannya. Adelia tidak sanggup menghadapi cobaan hidup ini. Ia mencoba bunuh diri agar orang tuanya tidak ikut menderita. Namun usahanya selalu berhasil digagalkan orang tua Adelia. 

Akhirnya keluarga Pak Agung pindah ke desanya yang dulu. Setibanya di desa, Absarf menyambut keluarga Adelia dengan senang hati walaupun Adelia sudah menghina Absarf. Cinta Absarf yang begitu besar mampu mangalahkan kebenciannya. Pak Agung kini bekerja dengan Pak Joko. Pak Agung berusaha menyembunyikan penyakit Adelia. Dengan sekuat tenaga ia berusaha mencari uang untuk kesembuhan Adelia.  Kondisi Adelia semakin memburuk, namun  Pak Agung sudah tidak punya biaya untuk mengobati Adelia. Akhirnya Pak Agung menceritakan penyakit yang diderita Adelia kepada keluarga Pak Joko. Absarf terkejut seakan mendengar suara petir yang kuat. Dengan cinta yang begitu besar Absarf merawat Adelia. Adelia hanya menagis dulu pernah menghina Absarf. 

Suatu ketika Adelia ingin melihat taman di lahan kosong dulu. Absarf pun membawa Adelia ketaman itu dengan menggunakan kursi roda. Adelia ingin melihat pohon Apel yang dulu ia tanam. Pohon Apel itu kini tumbuh besar dan lebat dengan buah apel. Adelia sangat berterima kasih dengan Absarf karena sudah menepati janji. Ketika ditaman itu absarf melamar Adelia untuk menjadi istrinya. Dengan pucat pasih Adelia menerima pinangan Absarf. Walaupun hati kecil Adelia mengatakan tidak dapat mendampingi dengan waktu yang lama. 
Beberapa minggu kemudian Absarf dan Adelia resmi manjadi sepasang suami istri. Adelia meminta di bawa ketaman. Absarf pun menuruti permintaan wanita yang sangat ia cintai. Dengan menggunakan kursi roda berpakian gaun pengantin putih mereka berjalan menuju taman. Tepat dibawah pohon Apel, Adelia meminta satu permintaan . Jika ia meninggal nanti kuburkan ia di bawah pohon Apel ini. Sambil berlinangnya air mata Absarf menyanggupinya. 30 menit kemudian Adelia menghembuskan nafas terakhir. Adelia mengatakan bahwa ia wanita paling beruntung pernah hadir di hati Absarf. Absarf tidak sanggup harus kehilangan adelia. Setelah 10 tahun Adelia pergi Absarf tidak menikah. Ia tidak bisa menggantikan wanita lain dihatinya. Beberapa bulan kemudian Absarf jatuh sakit, Absarf meminta kepada orang tuan nya,  jika suatu saat ia di panggil Tuhan, tolong kuburkan disamping kuburan Adelia.



BIODATA SINGKAT PENULIS
Nama : Mella Mirza
Hoby : online sosila media, main game, jalan- jalan , nonton film, masak,
Email : mella_mirza@yahoo.com
Harapan ,,, untuk penguasa jangan asal bisnis yang dapat merugikan rakyat,,, kalau maw bangun sesuatu jangan asal tebang pohon... lebih banyak orang yang suka dengan tanaman aja,,,

 

Author Image

About Tv Rusak News
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar