Rabu, 18 Desember 2013

Tempat Wisata Menakjubkan di Sulawesi Selatan

0


TVRUSAKNEWS - Sulawesi Selatan merupakan provinsi yang kaya akan suku dan budayanya, yang terdiri dari beberapa suku besar seperti bugis, makassar, toraja & mandar. Selain kaya akan budaya dan suku, Sulawesi Selatan juga memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan dan dapat di kunjungi. Adapun tempat wisata yang bisa kita temui dan kunjungi di Sulawesi Selatan adalah :


1. Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin
 http://panduanwisata.com/files/2013/02/sultan-hasanudin-makam.jpg
Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin adalah makam yang menjadi situs wisata di sulawesi selatan karena disini para raja yang pernah memerintah kerajaan gowa-tallo seperti Immallombassi Dg.Matawang atau yang dikenal dunia sebagai Sultan Hasanuddin ,dan masih banyak lagi yang raja-raja yang dimakamkan disini. Makam ini terletak di Kabupaten Gowa.


2. Museum Balla Lompoa
 http://fourthdecember.files.wordpress.com/2011/04/dsc_4398.jpg
Balla Lompoa adalah situs wisata berupa Rumah yang menyimpan banyak peninggalan kerajaan gowa-tallo dan pada dasarnya balla lompoa pada jaman dulu merupakan pusat pemerintahan kerjaan gowa-talla, di Balla Lompoa kita bisa melihat berbagai macam peninggalan dari kerjaan gowa-tallo, Balla Lompoa Terletak Di Kabupaten Gowa


3. Benteng Somba Opu
 http://www.desantara.or.id/wp-content/uploads/2011/07/sombaopu_089.jpg
Benteng Somba Opu adalah tempat wisata yang bisa digunakan untuk segala macam kegiatan,yang menarik dari tempat ini adalah disini kita bisa melihat tiruan dari semua rumah adat yang ada di sulawesi selatan,semua rumah adat kabupaten/kota di seluruh sulawesi selatan ada disini,dan yang lebih hebatnya kita bisa menyewa rumah adat tersebut untuk beberapa hari,jadi serasa kita mengunjungi kabupaten yang rumahnya kita tempati. Benteng Somba Opu Terletak di Perbatasan Antara Kabupaten Gowa & Kota Makassar.


4. Pantai Losari
 http://igosok.com/wp-content/uploads/2013/09/igosok_020022.jpg
Pantai Losari merupakan objek wisata sulawesi selatan yang terletak di Kota Makassar,disini kita bisa menikmati makanan khas seperti pisang epe dan menikmati pemandangan pantai pagi,siang,sore dan malam hari,pantasi losari juga memiliki mesjid terapung dan patung patung raja raja terkenal di sulawesi selatan seperti patung sultan hasanuddin,patung aru palakka dan lain sebagainya,pantasi losari juga tersambung dengan objek wisata lain seperti : Pulau Samalona,Pulau Kayangan,Pulau Lae-Lae,Tanjung Merdeka,Tanjung Bayang.


5. Benteng Rotterdam
 http://www.indonesia.travel/public/media/images/upload/poi/Fort%20Rotterdam2.jpg
Benteng Routerdam adalah objek wisata berbentuk benteng yang merupakan peninggalan belanda yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan di jaman perang,benteng routerdam memiliki museum yang bernama museum laga ligo yang di dalamnya ada miniatur yang bisa memflashback kita kemasa lalu.Bentuk bangunan yang ada dibenteng routerdam pun sangat klasik.


6. Taman Purbakala Batupake
 http://farm5.staticflickr.com/4123/4928912550_9f7ef41a08_z.jpg
Taman Purbakala Batupake terletak di Kabupaten Sinjai ini merupakan Taman Wisata Alam dan budaya yg terletak di atas bukit, Batu Pake Gojeng dikenal dengan kuburan batu. Lokasi taman ini dilengkapi sarana pendukung (Caravanning Sites) seperti renovasi rumah adat serta fasilitas lain seperti tempat permandian tua yg di yakini tempat permandian raja-raja, refreshing kids & berbagai jenis burung seperti Rajawali Sumatra, Burung Beo, Nuri Kalimantan, kutilang serta species lainnya.


7. Tanjung Bira
 http://media.viva.co.id/thumbs2/2012/12/31/185777_pantai-tanjung-bira_663_382.JPG
Tanjung Bira adalah Pantai Pasir putih yang terletak di Kabupaten Bulukumba disini kita bisa melihat keindahan dari surga pantai yang memiliki pasir putih,dan laut berwarna biru.tempat ini cocok dijadikan tempat rekreasi keluarga dan juga info penting disini merupakan tempat pembuatan perahu Phinisi.


8. Taman Wisata Bantimurung Bulusaraung
 http://www.perempuan.com/asset/files/data/insert-makassar-2.jpg
Taman Wisata Bantimurung Bulusaraung merupakan Objek Wisata alam yang bertempat di Kabupaten Maros Kec Bantimurung yang merupakan tempat admin Bermukim, Objek Wisata alam ini sangat menarik karena disini kita bisa menikmati air yang langsung mengalir dari gunung dan dingin,disini juga kita bisa melihatn air terjun bantimurung yang sangat indah,selain itu disini juga merupakan penangkaran kupu-kupu yang ada di indonesia,jadi berbagai macam jenis kupu-kupu ada disini,saya jamin anda tidak akan menyesal pernah berkujung kesini.


9. Tanah Toraja 
http://vacationstar68.com/wp-content/uploads/2012/12/tana-toraja-vs.jpg
Tanah Toraja Merupakan Salah Satu Kabupaten yang ada di sulawesi selatan yang merupakan kabupaten yang kaya akan budaya, dikabupaten ini jika seseorang dari keluarga bangsawan meninggal, akan diadakan upacara yang bernama Rambu Solo,yang wajib anda lihat dan merupakan upacara langka yang yang susah kita dapati. di Kabupaten Tanah Toraja memiliki banyak situs wisata seperti Londa ,Kete Kesu dan Lemo yang semuanya merupakan tempat pemakaman dalam batu,disini kita bisa melihat banyak sekali tulang belulang manusia asli. Dan Satu lagi Kabupaten Tanah Toraja merupakan tempat berasalnya Rumah Adat Tongkonan.


10. Air terjun Bantimurung
http://daengbattala.com/wp-content/uploads/2012/10/air-terjun-bantimurung-waterfall.jpg
Air terjun Bantimurung, salah satu obyek wisata alam di Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Jaraknya 1,5 jam dari kota Makassar. Disini ada museum kupu-kupu, goa mimpi, kolam renang bahkan aneka souvenir khas.


11. Islamic Center
http://listiaji.files.wordpress.com/2012/02/al-markaz.jpg
Al-Markas Al-Islami didirikan pada tanggal 8 Mei 1984 atas prakarsa Jendral M Yusuf sebagai pusat pengembangan agama Islam . Tempat ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat mencerminkan pengintegrasian nilai-nilai Islam diwarnai dengan kebudayaan lokal dan modern. Terletak di Jalan Mesjid Raya, sekitar 2 Km dari pusat kota Makasar, dengan luas sekitar 10 Hektar. Di tempat ini terdapat fasilitas ruang shallat, sekolah, perpustakaan, ruang serba guna, wartel dan tempat parkir.

 
12. Monumen Mandala 
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlxQ7cEVIxu2R5gZaoM8u0ivy92J_ZMMm7LvoJUn1p8Q695ndGXocI1fZAhpC-WxJ0kG_de3680FNXDtn1dZol-X-sne6YQZTYthLzYzrzUuU743Ptm0wxIRzpJdCVXpfH2Pr0wfmwoMg/s400/Monumen+Mandala.JPG
Monumen ini dibangun untuk memperingati dan menjadikan pedoman nilai-nilai kepahlawanan bangsa Indonesia dalam usaha membebaskan Irian Barat dari tangan kolonial pada tahun 1963. Terletak di tengah kota Makasar tepatnya di Jalan Jendral Sudirman. Monumen ini dilengkapi dengan gedung serbaguna, panggung pertunjukan sebagai pusat hiburan kebudayaan Indonesia bagian timur, tempat parkir juga di sekitarnya terdapat hotel berbintang dan fasilitas penunjang wisata lainya.

 
13. Trans Studio Makassar
 http://tempatberlibur.files.wordpress.com/2011/08/trans-studio-makassar2.jpg
Ini merupakan wahana bermain indoor paling besar di Indonesia. Pastinya banyak menawarkan wahana baru yang memacu adrenalin.

 
14. Kuburan Tua Raja-raja Tallo
https://lh5.googleusercontent.com/_ckHHf1TlT_Q/TblP93_4YsI/AAAAAAAAAwM/liNBXzl_7XA/s800/Ustano%20Rajo%20Alam%20Kuburan.jpg
Makam ini dibangun sejak abad ke 18 dengan konstruksi bangunan yang mirip sebuah Candi. Pada bagian dinding makam dihiasi beberapa ayat-ayat Al-Quran dengan tulisan kaligrafi yang indah. Terletak di Jl. Sultan Abdullah kecamatan Tallo, sekitar 7 Km arah utara pusat kota Makassar.

 
15. Makam Pangeran Diponegoro
http://budaya-sulsel.com/wp-content/uploads/2013/08/Makam-Diponegoro-2.jpg
Pangeran Diponegoro adalah putra sulung dari sultan Hamengku Buwono III Yogyakarta, yang lahir pada tanggal 1 Nopember 1785. Beliau aktif berjuang melawan penjajah di pulau Jawa tahun 1825-1830. Perang bermula dari penolakanya terhadap kebijaksanaan kolonial Belanda yang mengikat pajak dan pola aturan kepemilikan tanah yang tidak adil. Pada tahun 1845 beliau ditangkap dan dipenjarakan di benteng Rotterdam Makassar, kemudian diasingkan ke Manado, setelah beberapa saat di Manado beliau dikembalikan lagi ke Makassar dan wafat tanggal 8 Januari 1855 di Makassar. Terletak di Jl. Diponegoro No.55 kelurahan Melayu Kec. Wajo. Dapat dijangkau dengan berbagai macam kendaraan, dekat dengan pusat perbelanjaan.

 
16. Pelabuhan Paotere 
 http://panduanwisata.com/files/2013/02/pelabuhan-paotere_11.jpg
Poetere (pelabuhan tradisional) merupakan tempat persinggahan kapal layar masyarakat Sulawesi yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Terdapat berbagai macam kapal layar dalam gaya dan bentuknya. Terletak di utara kota Makasar, tersedia tempat parkir, rumah makan tradisional.
 

17. Makam Syeh Yusuf 
http://pecintawisata.files.wordpress.com/2013/07/makam-syekh-yusuf.jpg
Syech Yusuf adalah salah seorang pejuang Muslim yang terkenal khususnya di Sulawesi. Beliau dikenal oleh masyarakat Sulawesi Selatan sebagai Tuanta Salmaka, makamnya dikenal dengan nama Kobbang, beliau dikenal sebagai ulama dan pejuang yang aktif menyiarkan ajaran agam Islam dibeberapa negara. Anehnya makam beliau ditemukan di Afrika selatan, Srilanka, Banten dan Gowa. Makam beliau hampir setiap hari dikunjungi masyarakat untuk berziarah. Terletak di Jl. Syech Yusuf, perbatasan kota Makassar dan kabupaten Gowa.


 18. Mesjid Tua Katangka 
http://uniqpost.com/wp-content/uploads/2013/06/Masjid-Al-hilal-Katangka.jpg
Dibangun pada tahun 1603 yaitu pada masa pemerintahan raja Gowa ke XIV Sultan Alauddin dan dipugar pada tahun 1978 juga merupakan mesjid tertua di Kab. Gowa dan Prop. Sulsel. Di sekitar mesjid terdapat juga makam raja-raja yang sempat berkuasa di beberapa daerah seperti Luwu, Bone dan Kab. Gowa. Terletak di Jl. Syech Yusuf desa Ketangka, Kec. Somba Opu. Tempat ini juga relatif mudah dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan.

 
19. Perkebunan Buah Markisa 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEzKCT-KhKVAuehT9lgNzd-4w2HK6sdlTmotUDxiFkMsAz4Ax_wf5eFEMLNgRThJxWxZ2rBezBI_I-DR3hnVwedeiWFzQbbwws7XzGgOBBNBPnCh0-u94VREQ6MSOTwj4MZR4yHbhFP_Xi/s400/markisa+3.jpg
Buah markisa yang dihasilkan diolah menjadi minuman segar yang bermutu tinggi dan mempunyai rasa khas yang berbeda dengan markisa dari daerah lain. Perkebunan markisa memiliki pemandangan yang indah serta udara yang sejuk, pengunjung dapat mencicipi buah markisa sebelum diolah. Terletak di desa Kanre Apia, sekitar 9 Km dari kota Malino. Di lokasi ini juga terdapat tempat peristirahatan / Villa.

 
20.Hutan Wisata Malino 
 http://wisatamelayu.com/id/img/wisata/p47b27cdf9e8ae.jpg
Tempat istirahat dan rekreasi yang bersuhu cukup dingin sebab berada di ketinggian, selain sejuk udaranya tempat ini juga banyak menghasilkan buah dan sayur-sayuran yang tumbuh di sekitar lereng kota Malino, salah satu gunung yang dapat menjadi objek wisata adalah gunung Bawakaraeng yang dianggap suci bagi sebagian orang. Hutan wisata ini merupakan salah satu objek untuk bersantai dan menghirup udara segar di bawah kerindangan pohon pinus dan panorama alam, tempat ini juga sering dijadikan area perkemahan oleh wisatawan remaja. Terletak sekitar 75 Km dari kota Sungguminasa, tempat ini telah dilengkapi dengan sarana permainan dan tempat parkir yang memadai.

 
21. Wisata Pantai Tope Jawa 
 http://indotimnet.files.wordpress.com/2009/08/maliniku1.jpg?w=450&h=392
Keindahan alam serta hamparan laut di lokasi pemandian telah mengundang banyak pengunjung. Berlokasi di pemandian alam Langkia desa Tope Jawa atau sekitar 14 Km dari kota Takalar. Tempat ini dilengkapi fasilitas parkir, baruga, balai-balai, pelelangan ikan dan tempat berjemur bagi wisatawan.

 
22. Pantai Punaga 
http://www.indonesiaberprestasi.web.id/wp-content/uploads/2011/05/sus_samalona_island.jpg
Merupakan salah satu objek wisata bahari yang menawarkan keindahan alam pantai tropis dengan pasir putih. Terletak di desa Punaga, kecamatan Mangarabombang. Di lokasi ini juga terletak villa – villa yang dapat anda sewa di sekitar pantai.

 
23. Kawasan Loka Camp & Outbond 
http://i47.tinypic.com/dh7pd2.jpg
Jalan menuju ke lokasi ini penuh kelokan dan mendaki, di sepanjang jalan pengunjung dapat menyaksikan tanaman holtikultura, sayuran yang ditanam di lereng – lereng bukit sehingga menyuguhkan pemandangan yang indah. Kawasan ini berada di ketinggian sehingga berudara sejuk. Terletak di desa Bonto Marannu. Kecamatan Uluera sekitar 24 Km dari kota Bantaeng. 
 




Author Image

About Tv Rusak News
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar